PENCAK SILAT DI DAFTARKAN KE UNESCO


Denpasar, CNN Indonesia -- Indonesia berupaya mendaftarkan seni bela diri pencak silat sebagai salah satu budaya bangsa di UNESCO, lembaga di bawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa yang bertujuan merawat kebudayaan dunia. 

Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, mengakui bahwa mewujudkan hal itu bukan pekerjaan yang mudah tapi mereka akan terus memperjuangkannya agar tak diklaim negara lain.

"Pencak silat berada di UNESCO itu kan keinginan dari para anggota pengurus pencak silat di Indonesia itu sendiri. Untuk menuju ke UNESCO, harus menyiapkan banyak hal. Yang pertama terkait dengan bukti-bukti peninggalan sejarah yang akan digunakan untuk meyakinkan pihak UNESCO bahwa pencak silat ini benar-benar milik bangsa Indonesia," kata mantan ketua Satlak Prima tersebut kepada para wartawan di Inna Grand Bali Beach Hotel, Minggu (4/12) siang.

"Meyakinkan orang kan perlu ada bukti, tanda, jejak, dan sebagainya. Lalu persyaratan-persyaratan administrasi lain yang perlu dipenuhi bisa dikomunikasikan dengan Kemendikbud, Kementerian Pariwisata. Perkembangannya sekarang yang tahu dari pencak silat itu sendiri," katanya menambahkan.

Saat ini, Indonesia sendiri baru memiliki empat budaya yang resmi terdaftar di UNESCO yaitu wayang, keris, batik, dan angklung. Indonesia jauh tertinggal dari Jepang yang telah mendaftarkan 22 budayanya di UNESCO atau Iran yang memiliki delapan.

Lebih lanjut, Suwarno menyarankan agar mendatang para pengurus pencak silat di Indonesia dapat menyatukan pikiran untuk membuat ensiklopedi atau sejarah pencak silat di Indonesia.

"Ditulis dalam satu buku, sehingga itu akan dapat dibaca generasi penerus. Jangan sampai Indonesia kehilangan sejarah dan sebagainya," ucapnya melanjutkan.

Saat ini di Bali berlangsung Kejuaraan Dunia Pencak Silat yang diikuti atlet 40 negara. Dibbuka pada Sabtu (312) malam, kejuaraan itu berlangsung lima hingga 

http://www.cnnindonesia.com/olahraga/20161204140551-178-177279/indonesia-ingin-pencak-silat-diakui-unesco/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »